Sunday, April 15, 2018

[First Impression] Map Baru PUBG, Konsep Jungle Asia Ala PUBG


PUBG terus saja berinovasi, tak mau kalah dengan pesaingnya. Map terbaru ini memang menjadi sebuah pertanda keseriusan Bluehole dalam menggarap gamenya, keterlibatan player lain dalam pengembangan game ini juga semata-mata menjadi sebuah kode bahwa sang developer memang betul perduli akan game yang benar menjanjikan ini. Proyek MAP yang sedang digarap PUBG ini diberi kode “SAVAGE” sebuah kata yang menggambarkan alam liar dan juga kegilaan. Gw sendiri menggambarkan kegilaan itu sebagai sebuah peperangan yang super intens, map 4X4Km yang Bluehole tawarkan kekita ini benar-benar menguji skill kita.
Awal ketika gw bermain di map yang diberi kode SAVAGE ini, banyak sekali rasa environtment yang campur aduk. Sentuhan PUBG namun bener-bener tetap terasa pada MAP ini, jadi kalian gak perlu takut kalo MAP ini gak PUBG banget lah ya. So tanpa basa-basi lagi ini First Impression gw soal MAP PUBG yang baru.

Asia Tenggara banget !

Banyak spekulasi yang mungkin bermunculan tentang dimana sih MAP PUBG ini mengambil referensi, namun saat pertama kali gw nginjekin kaki gw di MAP baru ini, rasa EKSOTIS memang menyelimuti sekitarnya. Gw berasa lagi bermain di rumah Upin-upin yaitu rumah tradisonal ala-ala melayu, namun juga perasaan Vietnam dicampur rumah-rumah kuno Kalimantan juga gak ilang.Desain atap yang menurut gw mirip banget ama rumah-rumah hutan di China, alasan ini juga mungkin didukung bahwa mayoritas player PUBG, berdomisili di China yang berarti hal ini menjadi sesuatu yang cukup awam untuk mempertahankan mayoritas player basenya.

Bikin Nostalic Ama Felem Horor!

Suasana nostalgic yang dibawakan di MAP baru ini bener-bener gw rasain serasa ngelihat rumah adat di daerah Kalimantan, dimana rumah-rumah tersebut cenderung tinggi dan memiliki kolong-kolong yang bisa dimasuki. Film-film horor thailand dan juga Indonesia yang mengambil latar di hutan juga bikin gw nostalgic parah sama keadan di game ini, rumah-rumah kosong yang berjejer ditengah hutan dan juga rasa takut di sergap musuh cukup menghantui gw selama berkutat di map Jungle ini. Detail tanaman yang menjalar kedalam rumah-rumah adat yang kosong, semakin menambah rasa bahwa tempat ini serasa jadi rumah horor yang ditinggalkan.

Bebatuan Aneh Tinggi Ala Dataran Tinggi China

Ketika kalian melihat map ini saat terjatuh dari pesawat kalian akan menemukan banyak batu tinggi yang cukup menonjol, batu-batu indah ini memang membuat gw merasa seperti ada di China. Namun kegunaanya didalam game PUBG ini sendiri masih gw pertanyakan, secara kalian akan mati ketika turun dari batu tersebut dan juga mustahil untuk naik kecuali melalui pesawat. Gunung-gunung yang mengelilingi sebuah kota cukup menjadi keunikan yang tak ada di map lain, dimana kalian bisa mengambil spot berlindung untuk menghabisi musuh kalian yang ada di tengah kota.

Gameplay Gila.

Perang di map ini sangat intense, dikarenakan tempatnya yang kecil dan masih dalam tahap pengembangan, kerap sekali gw kesulitan membedakan lawan. Musuh yang mengikuti tahap pengembangan ini juga dirasa bukanlah musuh sembarangan, kalian akan mudah sekali mati ketika memasuki map ini. Rumah-rumah yang berangle cukup strategis bikin lu selalu waspada dimana sih musuh itu bersemayam, karena musuh sangat mungkin untuk bersembunyi di sudut-sudut yang gila.

Kekurangan

Sepertinya feedback yang diharapkan Bluehole terhadap MAP baru ini cukup tinggi, terbukti dari banyaknya lokasi vital yang masih belum memiliki tekstur, melainkan hanyalah sebuah bangunan 3d dengan warna layaknya catur. Furnitur yang ada didalam MAP ini benar-benar tidak diasah, gw berasa memasuki konsep Eksotis yang kosong. Namun kekurangan-kekurangan ini sangat bisa diperbaiki, secara map ini juga masih dalam tahap pengembangan, masih membutuhkan banyak saran dari para playernya.FPS drop yang bener-bener berasa banget ketika gw bermain menjadi catatan yang sangat penting, hal ini mungkin karena belum teroptimize dengan baik map baru ini.

Kesimpulan

Kalian bakalan merasakan adrenalin yang cukup terasa berbeda dibandingan dengan map-map lain, konsep hutan yang sekarang dibawakan benar-benar Savage, berbeda dengan hutan di map-map sebelumnya. Sentuhan Asia Tenggara dan China benar-benar terasa sangat kuat di MAP terbaru ini, kalian akan menyadarinya seketika melihat bangunan semi-permanen yang ada didalam game ini. Peperangan sangat intense ditambah Pro player yang berkeliaran benar-benar menguji skill dan juga naluri bermain game shooting kalian.
Detil-detil dan juga hiding spot yang masih perlu diperbaiki memang cukup mengganggu, namun dengan adanya masukan-masukan gw rasa hal ini bukanlah sebuah masalah besar. FPS drop yang cukup berbeda jauh dengan map sebelumnya cukup berasa banget di MAP ini, ini bakalan jadi masukan besar buat PUBG.